Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mangatasi Masalah Konektivitas WiFi di iOS dan iPadOS 14

iOS 14 dan iPadOS 14 adalah rilis utama saat ini dari sistem operasi seluler yang dikembangkan oleh Apple.


Setiap orang selalu bersemangat untuk rilis besar baru karena dilengkapi dengan lebih banyak fitur dan dalam beberapa kasus, antarmuka pengguna yang baru atau lebih bersih.


Namun, dengan rilis baru, ada beberapa hal yang tidak diinginkan juga. Bug dan masalah sering dialami pada pembaruan baru dan hal yang sama terjadi di sini.


Pengguna iOS dan iPadOS menghadapi masalah dengan konektivitas WiFi mereka setelah pembaruan baru. Ternyata, WiFi tidak berfungsi dengan baik di iOS 14 dan iPadOS 14.


Untuk beberapa pengguna, data seluler diaktifkan secara otomatis melalui koneksi WiFi yang ada sehingga mereka tidak dapat mengakses internet.


Bagi yang lain, WiFi tidak terhubung atau gagal berfungsi sama sekali. Ada beberapa alasan umum yang diketahui sejauh ini yang menyebabkan masalah tersebut.


Kami akan membahasnya di bawah. Jadi, tanpa basa-basi lagi, mari kita mulai.


  • Privet Address- Ternyata, penyebab paling umum dari masalah tersebut ternyata adalah fitur baru dari iOS dan iPadOS, yang dikenal sebagai Alamat Pribadi. Fitur ini seharusnya memberikan keamanan yang lebih baik, namun, dalam banyak kasus, ini benar-benar menghentikan ponsel Anda untuk terhubung ke WiFi. Oleh karena itu, untuk memperbaiki masalah tersebut, Anda harus mematikan fitur tersebut.
  • Third Party VPN - Penyebab umum lainnya dari masalah tersebut terjadi pada VPN pihak ketiga mana pun yang telah Anda instal di sistem Anda. Karena sistem operasinya baru, beberapa perangkat lunak VPN belum kompatibel dengan versi baru dan dengan demikian mengakibatkan Anda tidak dapat menggunakan WiFi sama sekali. Dengan demikian, Anda harus mencopot pemasangan perangkat lunak untuk mengatasi masalah tersebut.

Mangatasi Masalah Konektivitas WiFi di iOS dan iPadOS 14

Mangatasi Masalah Konektivitas WiFi di iOS dan iPadOS 14


Sekarang setelah kami mengetahui kemungkinan penyebab masalah, mari kita mulai dengan berbagai metode yang dapat Anda ikuti untuk menyelesaikan masalah. Silakan ikuti.


Metode 1: Matikan Alamat Pribadi


Rilis utama baru tampaknya berfokus pada privasi dan keamanan Anda melalui jaringan tempat Anda terhubung.


Untuk alasan ini, Apple telah menghadirkan fitur Alamat Pribadi. Untuk berkomunikasi dengan jaringan WiFi , perangkat yang terhubung harus mengidentifikasi dirinya sendiri menggunakan alamat unik yang dikenal sebagai alamat MAC atau Media Access Control.


Sekarang, masalahnya adalah, jika perangkat menggunakan alamat yang sama melalui jaringan, pengamat dapat dengan mudah melihatnya dan membahayakan privasi Anda.


Oleh karena itu, fitur Alamat Pribadi telah diperkenalkan untuk mengurangi risiko privasi pengguna. Dengan Alamat Pribadi, Anda dipaksa untuk menggunakan alamat MAC yang unik dan berbeda dengan setiap jaringan WiFi.

 

Ini sejauh ini menyebabkan sebagian besar masalah WiFi. Untuk mengatasi ini, Anda harus menonaktifkan fitur tersebut hingga masalah telah diselesaikan seperti yang disarankan oleh Insinyur Apple juga.


Berikut cara mematikan fitur Alamat Pribadi:


  • Pertama-tama, di iPhone atau iPad Anda, buka Pengaturan lalu ketuk opsi Wi-Fi .
  • Setelah Anda berada di menu Wi-Fi, ketuk ikon informasi (i) di sebelah jaringan yang Anda sambungkan.
  • Pada layar pengaturan Jaringan , ketuk opsi Private Address untuk mematikannya.
  • Terakhir, matikan Wi-Fi Anda lalu hidupkan kembali.
  • Pastikan fitur Private Address masih dinonaktifkan. Lihat apakah itu menyelesaikan masalah.

Metode 2: Copot Pemasangan VPN Pihak Ketiga

Ternyata, perangkat lunak VPN pihak ketiga di perangkat Anda juga dapat menyebabkan masalah tersebut muncul.


Berbagai pengguna telah melaporkan bahwa mereka menghadapi masalah karena VPN pihak ketiga yang telah mereka instal di sistem mereka.


Ini sering terjadi ketika rilis besar baru keluar. Dalam beberapa kasus, aplikasi tidak kompatibel dengan versi yang baru dirilis, dan oleh karena itu, aplikasi tidak beroperasi dengan benar.


Anda harus menunggu pembaruan dari pengembang.


Meskipun demikian, untuk sebagian besar, tampaknya Norton VPN telah menjadi penyebab utama masalah tersebut.


Namun, ini tidak hanya terbatas pada Norton tetapi jika Anda memiliki VPN lain di ponsel Anda, kemungkinan besar itu bisa menyebabkan masalah.


Oleh karena itu, untuk memperbaiki masalah tersebut, Anda harus menyingkirkan masalah tersebut. Berikut cara mencopot pemasangan aplikasi VPN:

  • Pertama-tama, di iPhone atau iPad Anda , buka Pengaturan perangkat Anda .
  • Pada layar Pengaturan, ketuk General .
  • Di sana, pergilah ke Device Storage .
  • Dari daftar aplikasi, temukan VPN Anda lalu ketuk di atasnya.
  • Terakhir, klik opsi Delete Aplication untuk menghapus aplikasi dari perangkat Anda.
  • Jika Anda telah menyiapkan VPN di pengaturan Anda, Anda harus menghapusnya dari sana.
  • Setelah perangkat dihapus, matikan Wi-Fi Anda lalu hidupkan untuk melihat apakah itu memperbaiki masalah.

Metode 3: Atur Ulang Pengaturan Jaringan


Akhirnya, jika tidak ada solusi di atas yang berhasil untuk Anda, Anda harus mengatur ulang pengaturan jaringan pada telepon Anda.


Ternyata, sering kali mengatur ulang pengaturan jaringan dapat memperbaiki berbagai masalah konektivitas jaringan.


Ini telah dilaporkan oleh pengguna yang menghadapi masalah serupa. Oleh karena itu, ini layak dicoba. Untuk melakukan ini, ikuti instruksi di bawah ini:

  • Pertama-tama, buka Pengaturan iPhone atau iPad Anda .
  • Pada layar Pengaturan, buka General lalu ketuk pada opsi Reset .
  • Terakhir, pada layar Reset, ketuk Reset Netwotk Setting untuk melakukannya.
  • Konfirmasikan tindakan tersebut. Ini akan mengatur ulang pengaturan jaringan Anda.
  • Setelah itu, coba alihkan Wi-Fi Anda untuk melihat apakah masalah tetap ada.

Anda mungkin juga ingin mengatur ulang router jika masalah masih berlanjut. Seorang pengguna melaporkan bahwa mengatur ulang router mereka dua kali memperbaiki masalah, jadi itu mungkin memperbaiki masalah Anda juga.

Itulah Informasi yang dapat saya berikan kepada anda untuk memperbaiki koneksi wifi ios ipad anda yang bermasalah. Selamat mencoba